Search Silahkan memasukan kata kunci untuk mencari topik yang diinginkan


Hot News Forum Group Discussion (FGD) Penguatan Pakan 8 April 2014Pertemuan Forum Komunikasi Mitra Kerja Tahun 2014Pertemuan Forum Komunikasi I Satker BLU Tahun 2014Evaluasi Kegiatan Optimalisasi Melalui Sinkronisasi dan Evaluasi Bimbingan Teknis IB dan PKBPembukaan Bimtek IB Sapi-Kerbau APBN Angkatan IX Tingkat NasionalPembukaan Bimtek IB Sapi-Kerbau BLU Angkatan II dan Magang Laboran Angkatan I - Handling Semen Beku Angkatan VIIClosing Ceremony Training Course On Artificial Insemination Management To Promote The South-South And Triangular Cooperation dan Ekspor Semen Beku 2013Pembukaan Bimtek Inseminasi Buatan Sapi-Kerbau APBN Angkatan VIIIOpening Ceremony Training Course on Artificial Insemination Management to Promote the South-South and Triangular Cooperation 2013Pembukaan Bimtek Pemeriksa Kebuntingan Sapi-Kerbau BLU Tingkat NasionalPembukaan Magang Bull Master, Selektor, dan Handling Semen Beku BLU Tahun 2013Pembukaan Bimtek Inseminasi Buatan Sapi-Kerbau BLU Angkatan I Tingkat NasionalPertemuan Mitra Kerja BBIB SingosariPenilaian WBBMSosialisasi dan Penandatanganan Pakta IntegritasPelantikan Pejabat Struktural Baru di JakartaAsistensi WBBM di BBIB SingosariSerah Terima dan Training Penggunaan Alat Deteksi KebuntinganKebangkitan Inseminator Indonesia Melalui Gebyar Peternakan 2013Dahsyatnya Pameran Peternakan Malang di Penghujung Tahun 2012PAMERAN BULAN BAKTI PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWANThe Third D8 Agriculture Ministerial Meeting on Food SecurityOpening Ceremony of Training Course of Artificial Insemination on Dairy Cattle for Developing Countries 2012.Bahrain Animal Production Show 2012Study Banding SPI BBIB Singosari ke BPKP Jawa TimurTour to Bali FantasiPengumuman Pemenang Lelang KonsentratPengumuman Pemenang Mini StrawPengumuman Pemenang ContainerPengumuman Pemenang Lelang Nitrogen CairLelang Mini Straw dan Container TransportTraining Course of Artificial Insemination on Dairy Cattle for Developing Countries

Partners Link

Site Statistic



Peta Situs


Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) tahun 2014 - Edisi 2012

  


Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) tahun 2014 sudah menjadi keniscayaan yang perlu dibuktikan implementasinya di lapangan. Kegiatan ini sudah menjadi program utama dari Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam negeri atas kecukupaan kebutuhan daging asal sapi dan kerbau. Hal ini sekaligus untuk mewujudkan upaya ketahanan pangan yang digelontorkan oleh Pemerintah asal produk protein hewani. Berbagai macam gebrakan dan kebijakan telah dilakukan untuk meningkatkan gairah peternak melalui peningkatan kemampuan manajemen beternak. Peningkatan populasi dalam negeri melalui penyediaan ternak betina produktif merupakan salah satu langkah penting dalam rangka percepatan peningkatan populasi ternak melalui keturunan yang dihasilkan. Tetapi ini semua belumlah cukup untuk mewujudkan PSDSK 2014. Program penyediaan betina produktif dalam jumlah yang cukup harus diimbangi dengan upaya pencegahan pemotongan ternak betina produktif serta intensifikasi program Inseminasi Buatan dilapangan. Hal ini menjadi pekerjaan besar bagi BBIB Singosari dan BIB nasional/Daerah lainnya untuk dapat memberikan kontribusinya melalui penyediaan semen beku berkualitas yang berasal dari pejantan unggul.



Keberhasilan program IB secara nyata mampu meningkatkan populasi ternak serta memperbaiki hasil keturunan yang dihasilkan. Artinya melalui kegiatan IB yang intensif secara langsung akan meningkatkan pendapatan peternak sekaligus mampu menghasilkan daging dalam jumlah yang lebih tinggi karena pada umumnya keturunan yang dihasilkan memiliki tingkat pertumbuhan dan berat badan yang lebih baik dibandingkan dengan sistem kawin alami yang masih cenderung menggunakan pejantan lokal. Jika semua kegiatan ini dilakukan dengan penuh komitmen dan serius, maka bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika ditahun 2014 mendatang program yang sedang digaungkan oleh Pemerintah menjadi sebuah kenyataan. Artinya nantinya kita sudah tidak lagi tergantung dari pasokan impor daging maupun ternak sapi dari luar yang selama ini masih berjalan terus.

Oleh : Aris Bachtiar, S.pt


Powered By : Malang 3000